--> Skip to main content

cara mengetahui kompresor ac short



Kompresor AC adalah salah satu komponen terpenting dalam sistem endingin udara. Fungsinya adalah untuk memampatkan refrigeran yang ada dalam bentuk gas sehingga suhunya meningkat. Gas bertekanan tinggi dan suhu tinggi kemudian dipindahkan ke kondensor, di mana ia akan didinginkan dan mengembun menjadi cair.


Secara sederhana, kompresor berfungsi seperti "jantung" dari sistem AC. Ia mengatur sirkulasi refrigeran dan memastikan proses pendinginan berlangsung secara efektif. Ada beberapa jenis kompresor, seperti kompresor reciprocating, rotary, dan screw, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan sesuai kebutuhan.


Perawatan rutin dan pemeriksaan berkala terhadap kompresor AC sangat penting untuk menjaga kinerja optimal dan memperpanjang umur perangkat. Gangguan pada kompresor dapat menyebabkan penurunan efisiensi pendinginan dan bahkan kerusakan serius pada sistem AC. 


Dengan memahami fungsi dan pentingnya kompresor AC, Anda bisa lebih saar akan perawatannya dan menjaga agar sistem pendingin Anda tetap berfungsi dengan baik.


Cara mengetahui kompresor AC short body


oke teman-teman semuanya jadi kali  ini saya ingin sedikit membahas Hai tentang AC yang nyetrum ya atau short body  hadits ini saya membahas masalah ini karena   ada pertanyaan dari teman saya nanti saya akan  cantumkan videonya contohnya AC yang short body ya ketika teman-teman mendapatkan AC itu shot  body ya file-nya untuk temen-temen teknisi ini   untuk saling mengingatkan saja ketika kita akan  melakukan perbaikan apapun dia air conditioner.

kita harus cek terlebih dahulu ya short atau  tidak bodynya contoh seperti ini menggunakan   tespen karena banyak sekali kejadian yang  tersengat Nah apa sih penyebabnya dari short   body tersebut jadi ada beberapa penyebab AC itu  mengalami short body Hal yang pertama diantaranya   itu yang sering ditemui itu kadang groundingnya  ini kabel groundingnya ini ini kan kabel yang dari   indoor unit ya ini tidak terpasang ya.

mungkin  disini dipasang tapi di yang ke instalasi PLN   itu enggak dipasang yang mana fungsinya grounding  ini untuk membuang arus bocor yang akan dibuang ke bumi atau tanah jadi ketika Darus bocor maka  dibuang ke tanah atau bumi jadi seperti itu makanya sangat penting banget untuk grounding ini  dipasang Kemudian untuk berikutnya teman-teman   bisa dicek juga di kabel kabelnya di dalam sini  kita akan coba buka aja supaya temen-temen tahu   disini temen-temen cek di kabel-kabel sini  ya. 

Nah di kabel-kabel sini Apakah kabelnya   atau soketnya ada yang korosi ya atau ada  yang lecet di sini temen-temen periksa di   bagian kabel ini karena takutnya di kabel-kabel  ini ada yang terkelupas nempel di body sini kemudian teman-teman juga bisa cek juga Disini   di bagian overloadnya Biasanya banyak  terjadi di sini kalau Ac memang AC lama di soket-soket ini ya itu cek kepada korosi   atau tidak kalau memang ada korosi  teman-teman coba bersihkan dulu ya jadi sperti itu untuk di kabelnya  cek juga di daerah kabelnya.

 kemudian bisa juga dari kapasitor yang bocor  ya biasanya kalau kapasitor yang bocor dia   menyebabkan shot body juga dipastikan juga  dibagian kapasitornya bisa juga dari kompresor   teman-teman kompresor ini bisa juga bikin short  body nah biasanya kompresor ini ketika sudah   short body biasanya kompresor ini gulungannya  itu sudah mulai kurang baik. 

langkah yang harus   dicek ketika temen-temen mendapatkan AC yang  nyetrum ya atau short body yang pertama yang   harus teman-teman lakukan coba teman-teman ukur  berapa tegangannya ya jadi cara ngukurnya seperti   ini kita sangkutkan kesini aja jadi posisikan  di kalau yang punya tangan share ya pakai tangan   pakai multitester juga bisa pakai multitester  untuk mengecek tegangannya nah caranya adalah   temen-temen yang proof merah bebas lah  ya mau merah menghitam kemudian dan di   netralnya juga temen-temen cek juga seperti  ini satu ke netral yang kabel dari indoor   yang maupun outdoor kemudian yang satunya ke body  outdoor sini ya temen-temen.

Cek jam lihat Berapa voltase yang keluarnya yah kalau voltasenya masih  di seratus itu mungkin masih dalam keadaan Okelah   ya mungkin ada kebocoran arus tapi kalau  udah kebocorannya udah dua 220volt ketika   teman-teman ukur balik ada permasalahan  di kompresor untuk langkah berikutnya teman-teman bisa coba balik dengan hitam  dan biru teman-teman balik antara kabel ini   temen-temen pasang disini dan kabel biru  baliknya dipasang di sini hati dibalik ya   kabel ini seperti itu itu kalau ada nyetrum  di bagian outdoor teman-teman bisa balik   dulu antara fasa dari netral teman-teman  balik Posisinya itu yang pertama dilakukan   kalau memang outdoornya nyetrum kalo memang  tetep gak mau juga Ya enggak mau juga tetap   nyetrum juga temen-temen bisa tambah grounding ya  teman-teman Bisa tambah grounding temen-temen bisa   

Hal bikin kabel pasang di sini lilitkan di  sini atau pakai Skun kemudian cari kabel   yang agak besaran kemudian tanam di tanah  itu juga bisa untuk buang arus bocor tadi   jadi seperti itu inikan ground nih ini groud  semua teman-teman bisa tancapkan di tanah itu untuk cara keduanya apabila outdoor dalam  keadaan masih nyetrum ya Oke kita ke bagian   indoor apabila teman-teman menggunakan  stop kontak seperti digambar teman-teman   bisa lakukan untuk menukar kawat netral  dan kawat fasa nya ya grounding disini   coba temen-temen potong saja jangan dipasang  groundingnya temen-temen lepas Gounding ini itu yang bisa dicoba dilakukan Oke teman-teman  Cukup sekian video nya Semoga bermanfaat ya

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar